Postingan

Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud bagi Muslim

 Tahajud berasal dari kata tahajjada, yang sama artinya seperti. Berarti terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur. Tahajud merupakan sholat yang dilakukan tengah malam hingga dini hari setelah tidur di malam hari.


Sholat tahajud
sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. Seperti disebutkan dalam Alquran, sholat tahajud bisa membuat pengamalnya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.

Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya sampai masuknya waktu subuh. Walaupun begitu ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Jika mengerjakan sholat tahajud pada waktu tersebut, insya Allah doanya akan diijabah oleh Allah.

Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk seharian, itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Allah. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

Dan sesungguhnya sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79.

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Dalam sebuah hadits riwayat Tabrani dan Al Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA berkata:

"Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan sholat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup sholat witir. Selain itu, dalam Hadist riwayat Thabrani dalam kitab Al Kabir dan Al Ausath, dari Ibnu Abbas ia berkata, "Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat'." (HR. Tabrani dan Al Bazzar).

Sholat tahajud hukumnya sunnah, yakni mendapatkan pahala jika dilaksanakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Seseorang yang menjalankan sholat tahajud akan memperoleh kenikmatan dan keistimewaan dari Allah SWT.

Salah satu kisah khalifah yang mempraktikkan sholat tahajud ini adalah Umar bin Abdul Aziz. Pemimpin yang dikenal adil ini setiap malam selalu bangun dari tidurnya di kala semua orang terlelap, lalu dia cari masjid yang ditinggalkan orang. Di situ dia melaksanakan sholat Tahajud sebanyak yang dia mampu.

Selain kisah Umar bin Abdul Aziz, ada pula kisah seorang sufi Imam al-Junaid. Dia juga selalu mengisi malam-malamnya dengan sholat Tahajud. Tidak hanya kedua tokoh tersebut, masih banyak kisah lain yang menunjukkan kehebatan sholat Tahajud.

4 Jaminan Allah Untuk Orang Sholat Tahajud Saat di Dunia

Janji pertama, Allah akan angkat karirnya ditempat yang terbaik. Janji kedua. Allah bimbing semua aktivitasnya sehingga lebih mudah. Janji ketiga, Allah bimbing setiap dia punya masalah supaya dapat solusi terbaik mengatasi persoalannya. Janji keempat Allah lindungi dia ketika dalam aktivitas kehidupannya ada orang-orang yang akan mencelakai atau menjahilinya.

Allah berfirman dalam surat Al Israa 79-82

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap".

Di Akhirat para pelaku tahajud yang rutin tahajud dijanjikan oleh allah akan memasuki surga dan surganya tepat di taman surga. Anda tinggal di komplek dekat taman enakkan keadaanya, ada masuk surga ditaman surga dekat taman.

Pelaku tahajud dapat apresiasi luar biasa dari Allah saat di akhirat nanti. Di dunia dapat empat kemuliaan, lalu di akhirat dapat tinggal di taman surga. Dalam surat Adh-Dhariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa umat muslim yang melaksanakan sholat tahajud, Insya Allah akan mendapat balasan yang setimpal ketika sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18).

Penulis Blog

Posting Komentar

© Auto Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain